Irwand Donie

Pria, 24 Tahun

Pekan Baru, Indonesia



Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak Menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.
::
PLAY CULES
FCB-INDONESIA
Shutdown

Navbar3

Cari Blog Ini

Minggu, 09 Juni 2013

Merci Abidal!

abidal king
Setelah enam tahun yang luar biasa bersama Barcelona, Eric Abidal pun akan hengkang dari Camp Nou di akhir musim ini. Eric Sylvain Abdial, begitu nama lengkapnya, lahir di Lyon, Perancis pada 11 September 1979. Abidal berkarir dalam dunia sepakbola untuk tim Lyon Duchere, Monaco B, Monaco, Lille, Lyon dan kini untuk Barcelona.
1
Abidal tiba di Barcelona pada 29 Juni 2007 yang didatangkan dari Olympique Lyon di masa kepelatihan Frank Rijkaard sebesar 15 juta Euro. Abidal datang untuk menggantikan posisi Van Bronckhorst di bek kiri. Abidal menggunakan nomor punggung 22 dikarenakan nomor 20 (yang merupakan nomor kesayangannya) masih dipakai oleh Deco. Ia dikontrak selama 5 tahun dengan buyout clause debesaro 90 juta Euro dan bonus sebesar 500 rubu Euro bagi Lyon jika Barca juara Liga Champions.
2
Pemain asal Perancis ini melakukan debut resminya pada tanggal 26 Agustus 2007 di Nuevo Sardinero saat Barca berhadapan dengan Racing Santander. Ia bermain selama 90 menit dengan skor akhir 0-0. Abidal membutuhkan waktu lebih kurang 6 bulan untuk bisa beradaptasi bersama Alves, Pique, dan Puyol.
3
Abidal baru mendapatkan tropi di Barca pada musim keduanya setelah musim pertapanya tanpa gelar. Pada musim 2008-09 (di bawah kepemimpinan Pep Guardiola), Abidal merasakan treble. Sayangnya, ia tak tampil di dua final (Copa Del Rey dan Liga Champions) akibat suspensi. Di final Roma 2009 ia tak bisa turun karena mendapatkan kartu merah di partai spektakuler leg 2 semifinal melawan Chelsea. Pada saat itu ia dinilai melakukan pelanggaran terhadap Anelka dan harus diusir oleh wasit Tom Henning Overbo yang memimpin jalannya pertandingan. Padahal jika dilihat lebih jelas, sangat minim kontak yang terjadi antara Abidal dan Anelka. The Frenchman juga harus absen saat Barca mengalahkan Bilbao 4-1 di final Copa Del Rey. Ia absen juga karena suspensi.
4
Di musim 2009-10 Abidal masih menjadi pilihan utama Pep walaupun adanya kehadiran Maxwell.
5
Lanjut di musim 2010-11, Abidal berhasil mencetak gol perdananya dalam ajang Copa Del Rey saat Barca melawan Bilbao di San Mames pada 5 Januari 2011.
6
Dua bulan setelah mencetak gol perdananya (atau tepatnya tanggal 15 Maret 2011), Barca mengumumkan bahwa Abidal menderita tumor liver dan harus menjalani pengobatan 2 hari kemudian. Untuk menjaga privasinya, Barca memutuskan untuk tidak merinci sakit yang dialami Abidal. Dukungan pun mulai berdatangan kepada King Abi dari berbagai penjuru dunia.
7
Dua minggu setelah operasi hatinya, Abidal pun mengunjungi sesi latihan tim utama Barca di Camp Nou. Kunjungan yang dilaksanakan pada 1 April 2011 itu menjadi sangat emosional bagi para pemain. Setelah absen selama dua bulan, ia kembali muncul saat melawan Madrid. Abidal bermain di akhir-akhir pertandingan El Clasico Liga Champions untuk menggantikan Puyol.
8
Barca berhasil lolos ke final dan disambut bagai seorang pahlawan. Selanjutnya Abidal bermain pada final Liga Champions 2011 di Wembley. Setelah pertandingan usai, Puyol memberikan ban kapten kepada Abidal agar ia menjadi orang yang pertama mengangkat tropi Liga Champions ke-4 bagi tim. Hal ini merupakan bentuk penghormatan klub kepada Abidal atas perjuangannya melawan tumor livernya.
9
18 Januari 2012, Abidal mencetak gol kemenangan bagi Barca di leg 1 perempat final Copa Del Rey dalam laga El Clasico. Selebrasi orang menembak senapan pun dilakukan Abidal pasca mencetak gol.
10
Pada 15 Maret 2012, Abidal harus menjalani transplantasi hati karena masalah yang dialaminya belum kunjung membaik. 10 Apri 2012, Abidal menerima donor hati dari sepupunya bernama Gerard.
11
Setengah bulan kemudian ia mulai latihan lebih intensif di Valle de Aran.
12
Pada 21 Mei 2012, Abidal pun meninggalkan rumah sakit. Namun, ia belum dinyatakan sembuh dan masih perlu istirahat yang panjang. Pada musim 2011-12 itu, Barca hanya meraih tropi Copa Del Rey. Sebagai bentuk penghormatan sekaligus dukungan kepada Abidal, tropi tersebut pun sempat dipasangi jersey Abidal.
13
Musim pun berlanjut. Pada 18 Desember 2012, Abidal pertama kali berlatih kembali dan pada 19 Maret 2013, ia resmi bermain kembali bersama Barca B.
14
Abidal pun benar-benar kembali bersama tim utama Barca pada 6 April 2013. Ia masuk menggantikan Pique di menit 68 saat Barca berhadapan dengan Mallorca di Camp Nou. Semua penonton yang hadir pun meberi standing ovation kepada Abidal. Setiap pemain asal Perancis ini menguasai bola, penonton pun memberikan tepuk tangan yang meriah.
15
Pada saat pesta juara liga Barcelona musim ini (setelah pertandingan melawan Valladolid), Puyol bersikeras bahwa Sang Entrenador Tito Vilanova bersama Eric Abidal yang harus mengangkat tropi untuk pertama kalinya. Perjuangan mereka merupakan kemenangan dari semua.
16
Dan pada 30 Mei 2013, Eric Abidal resmi mengumumkan dirnya berpisah dengan Barcelona setelah klub tidak memperpanjang kontraknya sebagai pemain. Barca lebih menawari kontrak Abidal sebagai salah satu staff sepakbola di Barcelona, semntara dirinya belum ingin pensiun sebagai pemain sepakbola. Selama berkarir bersama Barca, 15 tropi ia mempersembahkan dengan rincian; 4 La Liga, 2 Copa Del Rey, 2 Liga Champions, 3 Supercopa, 2 UEFA Supercup, dan 2 Piala dunia antarklub.
17
Abidal pun memainkan laga terakhirnya bersama Barca pada jornada 38 musim 2012-13 saat Barca bertemu dengan Malaga. Ia bermain di 15 menit terakhir dengan sambutan yang meriah dari 65.727 fans yang hadir di Camp Nou. Usai pertandingan, tidak seorang fans pun yang meninggalkan Camp Nou. Mereka ingin memberikan perpisahan manis kepada Abidal.
18
Semua pemain menggunakan kaus yang bertuliskan ‘Merci Abi 22′. Abidal pun memberikan ucapan terima kasih kepada semua fans. ”Keluarga saya dan saya ingin mengucapkan terima kasih untuk semua dukungan yang telah kalian berikan selama beberapa tahun ini, yang sangat spektakuler. Terima kasih (orang-orang) Catalan, kalian adalah bagian dari keluarga kami” ujar Abidal. Selanjutnya ia memberi ucapan perpisahan kepada rekan-rekannya, ”Tanpa mereka saya tidak akan memenangkan apapun. Kalian adalah yang terbaik”. Abidal pun meneruskan kata-katanya yang kali ini untuk klub dan para fans, ”Saya akan selalu membawa kalian di hati saya. Visca el Barça dan visca Catalunya!”. Tak lupa Abidal memberikan ucapan spesial kepada sepupunya Gerard, ”Saya telah berjanji kepada seseorang untuk membawanya ke tengah lapangan untuk menerima standing ovation. Dia layak mendapat tepukan lebih dari saya” seraya memberikan kaus kepada sepupunya yang bertuliskan ‘Merci Gerard 13’. Abidal pun keluar dari lapangan pertandingan melalui lorong kehormatan yang dibentuk oleh rekan-rekannya.
19
Eric Abidal adalah lebih dari sekedar pemain dalam sejarah Barcelona. Memiliki bakat secara fisik dan teknik yang membuatnya menjadi bek kiri yang hebat bagi tim. Abidal juga menjadi cerita yang menakjubkan tentang kebangkitan seorang manusia dan menjadi contoh bagi kita semua.
Merci Abidal!

0 komentar: